Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2015

Font Size: 
Pembelajaran IPS Kelas VII SMP Berbasis Etnofotografi
Suwarno Widodo, Titik Haryati, Endang Wuryandini, Oktaviani Adhi Suciptaningsih

Last modified: 2016-01-21

Abstract


Peran guru dalam pembelajaran IPS kelas VII SMP menurut kurikulum 2013 menjadi sangat penting. Sebab, guru diharapkan dapat mengembangkan pembelajaran dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran IPS Kelas VII SMP berbasis etnofotografi. Metode yang digunakan adalah R&D. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian yang digunakan adalah subyek penelitian, informan dan dokumen. Teknik validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan tahapan analisis data Spreadley dan Longwe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPS Kelas VII SMP di SMP N 2 Semarang, SMP N 5 Semarang, dan SMP N Is. Roudlotus Saiddiyah Semarang sudah memenuhi standar minimal yang diharapkan. Tetapi sesuai amanah kurikulum 2013 hal tersebut tidaklah cukup, sebab guru diharapkan dapat mengembangkan pembelajaran sesuai dengan keadaan lingkungan sekitar. Rata-rata guru IPS di ketiga sekolah tersebut belum mengembangkan pembelajaran yang berbasis lingkungan sekitar. Pembelajaran IPS berbasis lingkungan sekitar dapat dilakukan melalui etnofotografi, yakni dengan menggunakan foto kenampakan alam sekitar tempat tinggal siswa, baik secara fisik maupun sosial. Kesimpulannya adalah bahwa pembelajaran berbasis etnofotografi efektif dilakukan pada siswa SMP Kelas VII karena materi IPS yang diberikan kepada siswa merupakan potret kondisi lingkungan sekitarnya.

Kata Kunci: Pembelajaran, IPS, Etnofotografi


Full Text: 176-183