Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2015

Font Size: 
Problematika Pengajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini di Sekolah TK SeKecamatan Guntur Kabupaten Demak
Arso Setyaji, Nur Hidayat, Rahmawati Sukmaningrum

Last modified: 2016-01-21

Abstract


 

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik yang bertujuan untuk mengetahui persepsi para pendidik ditingkat taman kanak-kanak terkait dengan pengajaran bahasa Inggris pada anak usia dini dan untuk mengetahui kesiapan pihak sekolah dan para pendidik ditingkat taman kanak-kanak terkait dengan pengajaran bahasa Inggris pada anak usia dini. Data dari penelitian ini diambil dari 10 sekolah taman kanak-kanak sekecamatan Guntur Kabupaten Demak melalui observasi dan dokumentasi, wawancara dan pemberian angket kepada para pendidik dan kepala sekolah taman kanak-kanak. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa mayoritas tenaga pendidik anak usia dini sekecamatan Guntur Kabupaten Demak setuju apabila mata pelajaran bahasa Inggris diberikan sejak usia dini. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa internasional dan betapa pentingnya bahasa Inggris dalam kehidupan sosial bermasyarakat dewasa ini dan untuk memenuhi tuntutan dunia global yang semakin modern. namun hal tersebut bertolak belakang dengan kesiapan para guru itu sendiri untuk menyampaikan materi bahasa Inggris kepada anak didik usia dini mereka. Hal ini disebabkan oleh latar belakang pendidikan para guru tersebut yang non Inggris dan minimnya fasilitas penunjang pembelajaran yang menarik untuk siswa.

 

Kata Kunci : kesiapan guru, pembelajaran bahasa Inggris, anak usia dini.


Full Text: 158-167