Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2015

Font Size: 
Ujicoba Paket Eksperimen Energi untuk Keterampilan Produktif Berbasis Content and Context Knowledge di Program Studi Pendidikan Fisika
Nur Khoiri, Susilawati Susilawati, Harto Nuroso

Last modified: 2016-01-21

Abstract


Paket eksperimen energi terbarukan sangat urgen untuk dirancang guna membekali calon guru fisika untuk

mempunyai inspirasi dan keterampilan produktif dalam mengembangkan dan mengemas materi energi dalam bentuk pengalaman langsung yang menginspirasi siswanya kelak. Calon guru fisika selama ini telah dibimbing untuk membuat alat peraga yang digunakan sebagai alat bantu praktikum maupun observasi kegiatan ilmiah agar pelajaran fisika disampaikan secara konkret. Selanjutnya, upaya pengembangan alat peraga tersebut diarahkan juga pada inovasi dan kreativitas yang akan ditumbuhkan kepada calon guru fisika, yaitu inspirasi dan keterampilan untuk membuat dan mengembangkan alat dan bahan yang ada di lingkungan sekitar agar mempunyai nilai manfaat dan nilai guna yang lebih efektif dan efisien khususnya untuk masalah energi. Tujuan penelitian ini adalah agar calon guru fisika mempunyai keterampilan mendesain dan mengembangkan eksperimen sederhana mengenai energi terbarukan dan dapat langsung diterapkan oleh siswa. Penelitian ini merupakan Research and Development. Penelitian dan pengembangan ini telah menghasilkan prototipe paket eksperimen energi dan menguji coba kelayakannya. Penggunaan prototipe paket eksperimen ini dapat meningkatkan keterampilan calon guru fisika dalam bereksperimen, mengembangkan inspirasi siswa dalam pengembangan energi dan meningkatkan keterampilan calon guru fisika untuk memfasilitasi siswa sekolah menengah agar terampil dan produktif.

Kata kunci: paket alat peraga, lifeskill project, keterampilan, pendekatan saintifik.


Full Text: 142-150