Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2015

Font Size: 
Model Pembelajaran Terpadu Berbasis Sentra di PAUD Rumah Kita Semarang
Ismatul Khasanah, Venty Venty

Last modified: 2016-01-21

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya stimulasi anak usia dini untuk membantu mengembangkan

seluruh potensi perkembangannya secara optimal. Pendidikan bagi anak usia dini merupakan upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut (Depdiknas: 2003).

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologis naturalistic. 1) pengumpulan data 2) eksplorasi 3) peneliti melakukan penelitian terfokus yaitu penelitian yang berkaitan pada pembelajaran terpadu berbasis sentra. Teknik pengumpulan data yang diterapkan dalam penelitian adalah: (a) observasi; (b) wawancara dan kuesioner; (c) dokumentasi.

Model pembelajaran terpadu yang dilakukan di PAUD adalah suatu sistem pembelajaran yang bersifat holistic integrative (menyeluruh), yang memadukan berbagai ilmu pengetahuan yang bermuara pada satu tema, dan melibatkan kelembagaan dan luar lembaga yang mengembangkan program yang terpadu berdasarkan kebutuhan peserta didik, kebutuhan masyarakat dam memadukan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan pengembangan potensi anak didik secara menyeluruh dan terintegrasi. Keterpaduan dalam pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan melalui pendekatan sentra. Pembelajaran dengan pendekatan sentra merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang menitikberatkan sentra bermain pada saat pembelajaran berlangsung. Sentra bermain merupakan tempat kegiatan yang dengan sengaja dirancang di dalam atau di luar kelas, berisi berbagai kegiatan bermain dengan bahanbahan yang dibutuhkan dan disusun berdasarkan kemampuan anak serta sesuai dengan tema yang dikembangkan dan dirancang terlebih dahulu.

Kata kunci: Model Pembelajaran, Pembelajaran Terpadu, Sentra


Full Text: 124-130