Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2015

Font Size: 
Model Program Intervensi Anti Bullying Berbasis Sekolah
Ririn Ambarini, Subur Laksmono Wardoyo, Listyaning Sumardiyani, Dian Ayu Zahraini

Last modified: 2016-01-21

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian model pembelajaran untuk program anti bullying berbasis sekolah untuk anak usia dini yang diawali dengan tahapan analisis kebutuhan yang kemudian dikembangkan model pembelajarannya, dan konstruk draf model pembelajaran.

Penelitian diawali dengan studi pendahuluan yaitu kajian teori dan temuan penelitianpenelitian

sebelumnya, yang dilanjutkan dengan menyusun draft model pembelajaran. Yang dilanjutkan dengan tahap draft model pembelajaran dan instrumen. Tahapan terakhir adalah penyusunan prototype buku panduan model pembelajaran program anti bullying berbasis sekolah. Hasil penelitian menunjukan bahwa anak usia dini dapat mengembangkan pemahaman tentang bullying, adaptasi peraturan kelas terhadap bullying, pemahaman atas apa yang orang rasakan terhadap bullying dan aturanaturan dasar dalam program anti bullying, serta aturanaturan emas di Taman Bermain.

Implementsi model program anti bullying berbasis sekolah di RA At Thohirriyah menunjukkan adanya respon positif dimana anak dapat mengembangkan pemahaman terhadap pertanyaan prereading, pertanyaan postreading, kegiatan pascareading, dan pemahaman terhadap emosi

sebagai proses pengembangan kemampuan sosial mereka.


Full Text: 114-123