Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2015

Font Size: 
PENGEMBANGAN MODUL TEORI RING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KARAKTER MAHASISWA MATEMATIKA UNIVERSITAS PGRI SEMARANG PADA MATA KULIAH STRUKTUR ALJABAR 2
Rasiman Rasiman, Maya Rini Rubowo, Agnita Siska Pramasdyahsari

Last modified: 2016-01-21

Abstract


Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah mengembangkan modul Teori Ring yang valid?”dan “Apakah modul Teori Ring efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan karakter mahasiswa pendidikan matematika Universitas PGRI Semarang pada mata kuliah Struktur Aljabar 2?”. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas semester 7 pendidikan matematika Universitas PGRI Semarang. Sedangkan sampel yang diambil berdasarkan teknik cluster random sampling adalah 3 kelas sebagai kelas eksperimen, kelas kontrol serta kelas Uji coba instrumen. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pengembangan modul Teori Ring valid menurut validator ahli dan penggunaan modul Teori Ring efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kritis mahasiswa, karena kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol yang ditunjukkan dengan kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen sebesar 82,95 dan kelas kontrol sebesar 67,35, serta penggunaan modul Teori Ring dapat menumbuhkan nilai karakter seperti:kritis, ketekunan, tangguh, percaya diri dan ulet. Saran dari peneliti untuk para pengguna modul pembelajaran adalah modul dalam pembelajaran perlu diperhatikan sehingga tepat dan sesuai tujuan yang diharapkan, salah satunya dapat memanfaatkan modul Teori Ring untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan karakter pada mata kuliah Struktur Aljabar 2 dan dosen seyogyanya membiasakan mahasiswa untuk berpikir kritis dan analitis dengan memfasilitasi pembelajaran yang menekankan pada soal yang menstimulasi kemampuan berpikir kritis mahasiswa sehingga menciptakan karakter kritis, ketekunan, tangguh, percaya diri dan ulet.


Full Text: 106-113