Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2015

Font Size: 
Model Kesadaran Perilaku Warga Sekolah Adiwiyata di Kota Padang dalam Pengelolaan Sarana Pendukung Ramah Lingkung
Salman Assahary, Dona Alicia

Last modified: 2016-01-12

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model kesadaran perilaku warga sekolah Adiwiyata di kota Padang dalam pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian model kesadaran perilaku warga sekolah Adiwiyata di kota Padang adalah meliputi; 1) pembentukan sikap warga sekolah dengan mengenal, memperhatikan, meyakinkan, melakukan dan menanamkan pentingnya pengelolaan sarana pendukung ramah lingkung dengan prinsip feeling good, thingking good dan behaving good dalam membangun kesadaran perilaku untuk berbuat kebaikan (goodness) dan upaya memunculkan karakter kesadaran dalam berbuat kebaikan, 2) penerapan aturan tentang kebersihan dan pemberlakuan sanksi bagi warga sekolah yang melanggarnya, 3) meningkatkan kompetensi guru terkait integrasi pendidikan lingkungan hidup ke semua mata pelajaran dengan membina tiga aspek hasil tujuan belajar yang meliputi, head cognitive area, hand phychomotor area dan, heart affective area, 4) memahirkan siswa melalui pengembangan diri dengan kegiatan rutin pengelolaan sarana pendukung ramah lingkung yang meliputi kompetensi, keinginan dan kebiasaan dan 5) menanamkan nilai moral dan etika pada siswa terkait pentingnya pengelolaan sarana pendukung ramah lingkung, berupa keteladanan peduli lingkungan dari pihak sekolah, yang dibarengi dengan tahapan proses pendidikan karakter berupa moral knowing, moral feeling dan moral action.

Kata kunci : Kesadaran Perilaku, Sekolah Adiwiyata, Pengelolaan Sarana Pendukung Lingkung

 


Full Text: 66-78