Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2015

Font Size: 
KESUKAAN MAHASISWA TERHADAP KOREKSI LISAN DOSEN (ORAL ERROR TREATMENT) UNTUK KETERAMPILAN BERBICARA (SPEAKING SKILL)
Agus Sholeh

Last modified: 2016-01-12

Abstract


Penelitian ini mengungkapkan koreksi kesalahan yang dilakukan oleh dosen terhadap keterampilan komunikasi serta kesukaan pada sikap dosen dan alasan mengapa mahasiswa suka atau tidak suka pada koreksi oral untuk kesalahan mereka dalam berbicara. Penelitian dilakukan di speaing class di Universitas Kanjuruhan Malang dan pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan kuesioner dan kuesioner diberikan kepada 20 mahasiswa kelas speaking. Studi ini menemukan bahwa mahasiswa lebih suka untuk memiliki elisitasi, permintaan klarifikasi, dan koreksi eksplisit. Preferensi mahasiswa pada koreksi elisitasi berdasarkan pendapat mereka bahwa mereka tahu kalau memiliki kesalahan tetapi dosen memberikan kesempatan untuk memperbaikinya sendiri, umpan balik korektif eksplisit didasarkan pada alasan bahwa mereka mendapatkan jawaban dan penjelasan pada versi yang benar pada produksi lisan, mereka juga lebih memilih feedback meta-linguistik karena memberi mereka pengetahuan untuk menemukan jawaban yang benar.

 

Kata kunci: preferensi mahasiswa, perawatan kesalahan dan keterampilan berbicara


Full Text: 57-65