Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2015

Font Size: 
Video Recording Sebagai Alat Peningkatan Kualitas Pengajaran: Studi Kasus Penerapan Teacher Self‐Evaluation
Umi Tursini

Last modified: 2016-01-12

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengekplorasi penerapan teacher self‐evaluation dengan menggunakan video recording oleh beberapa dosen Bahasa Inggris di Indonesia dan kemungkinan para dosen tersebut meningkatkan kualitas pengajaran mereka. Studi kasus digunakan sebagai desain penelitian ini. Enam dosen Bahasa Inggris dari Universitas Kanjuruhan Malang yang berbeda dalam hal kurun waktu mengajar dan jenis kelamin menjadi partisipan dalam penelitian ini. Para partisipan tersebut di fasilitasi untuk menerapkan selfevaluation dengan cara merekam pembelajaran mereka di kelas selama 3 kali. Para partisipan kemudian di dorong untuk menggunakan hasil rekaman pembelajaran tersebut sebagai sarana untuk menganalisa kualitas pengajaran mereka dengan menggunakan checklist yang sudah disediakan. Interview dan observasi digunakan sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan self‐evaluation membantu para dosen mendapat pemahaman yang lebih mengenai kualitas praktek pengajaran mereka baik kelebihan maupun kekurangan yang sebelumnya tidak mereka sadari. Contoh kekurangan pengajaran partisipan misalnya terlalu dominan di kelas, terlalu bersikap formal di kelas, kurang memberikan apresiasi kepada usaha mahasiswa, kesalahan dalam pengucapan kata tertentu dalam Bahasa Inggris, dan sebagainya. Mengingat terbatasnya penelitian mengenai penerapan teacher self‐evaluation di Indonesia, penelitian ini akan menambah literatur ilmiah mengenai penerapan self‐evaluation yang sesuai dengan konteks di Indonesia.

 

Kata kunci: video recording, studi kasus, teacher self‐evaluation, pengajaran


Full Text: 50-59