Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2015

Font Size: 
Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Cerita Bergambar dengan Metode Discovery Berbantuan Macroflash di Perguruan Tinggi
Ambarini Asriningsari, Siti Fatimah, Marya Ulfa, Azzah Nayla

Last modified: 2016-01-12

Abstract


 

Penelitian ini berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Cerita Bergambar dengan Metode Discovery Berbantuan Macroflash di Perguruan Tinggi”. Tujuan dalam penelitian ini: 1) menemukan kebutuhan-kebutuhan dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran cerita bergambar selama ini, 2) menghasilkan susunan draf awal/prototipe media pembelajaran menulis cerita bergambar yang dikembangkan, 3) merumuskan tanggapan stakeholder/pengguna produk terhadap draf awal/prototipe media pembelajaran menulis cerita bergambar yang dihasilkan, 4) menghasilkan draf awal/prototipe media pembelajaran menulis cerita bergambar yang dikembangkan, 5) menemukan tingkat/kadar keefektifan media pembelajaran menulis cerita bergambar hasil pengembangan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa analisis kebutuhan dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran cerita bergambar yaitu pada mata kuliah yang terdapat keterampilan membuat cerita bergambar ditemukan adanya kendala dalam proses belajar mengajar terutama pada media pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang dapat membantu mahasiswa dalam menulis cerita bergambar. Fakta yang diperoleh menunjukkan adanya kebutuhan akan metode dan media pembelajaran yang tepat. Adapun susunan draf awal media tersebut berupa macroflash, yang berisi konten tentang defisini, ciri, fungsi, tujuan, langkah-langkah, dan contoh cerita bergambar. Tanggapan yang diperoleh bahwa media macroflash dengan metode discovery sangat diperlukan dalam pembelajaran meulis cerita bergambar. Hasil draft prototipe media macroflash yang dikembangkan yaitu konten media yang dikembangkan berdasarkan aspek pembelajaran dan aspek kebenaran materi. Adapun keefektifan pemakaian media macroflash dengan metoe discovery dalam pembelajaran menulis cerita bergambar dinyatakan efektif.

 

Kata kunci: Macroflash, Discovery, Cerita Bergambar


Full Text: 43-49