Last modified: 2016-01-11
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan implementasi pembelajaran model Problem Based
Learning yang dapat mengembangkan nilai karakter peserta didik. Penelitian ini dapat memberikan
pengetahuan, pembaharuan dalam pembelajaran dan motivasi bagi guru SD serta mendapatkan perangkat
pembelajaran tematik integratif SD model Problem Based Learning untuk mengembangkan nilai karakter
peserta didik.
Penelitian ini di lakukan di SD N Rejosari 3 Semarang pada semester gasal tahun ajaran 2014/2015. Subyek pada penelitian ini adalah peserta didik SD N Rejosari 3 Semarang kelas V tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini mengacu pada One Group Pretest‐Posttest Design yaitu eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding.
Metode pengumpulan data meliputi Lembar observasi nilai karakter, lembar Angker Respon, dan Soal Tes
peserta didik. Pengolahan data menggunakan program SPSS. Hasil perhitungan didapatkan prestasi belajar peserta didik mencapai kriteria ketuntasan minimal dengan nilai nilai thitung sebesar 5,765 dengan ttabel sebesar 1,699 untuk df = 29 dan α=0,05. Prestasi belajar peserta didik sesudah diberi perlakuan lebih baik disbanding sebelumnya dengan sesudah pembelajaran 81,59 dan sebelum pembelajaran 64,69. Nilai Karakter peserta didik pada kelima aspek yaitu menghargai, disiplin, rasa ingin tahu, jujur dan tanggung jawab dikategorikan tinggi. Hampir seluruh peserta didik merespon positif selama proses pembelajaran melalui model Problem Based Learning.
Kata kunci : Problem Based Learning, nilai karakter