Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2015

Font Size: 
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MORFOLOGI TUMBUHAN DENGAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERDASAR KURIKULUM 2013 MAHASISWA UNIVET BANTARA SUKOHARJO 2014/2015
Siti Akbari

Last modified: 2016-01-08

Abstract


Penelitian bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah morfologi tumbuhan pada Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo melalui penerapan metode Discovery dengan kurikulum 2013 dan pendekatan scientific. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari 3 siklus ,masing‐masing siklus ada 4 (empat) tahapan dasar yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah mahasiswa semester 2. Instrumen pengambilan data berupa lembar observasi dan tes. Lembar observasi digunakan untuk mengambil data ketrampilan kinerja dan sikap mahasiswa pada saat proses pembelajaran dengan penskoran 1 ‐ 4. Tes digunakan untuk mencari prestasi belajar siswa. Target penelitian adalah terjadi peningkatan skor prestasi belajar meliputi sikap, keterampilan dan pengetahuan belajar setiap siklusnya dan mencapai target yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar pada aspek sikap, keterampilan dan pengetahuan mahasiswa setiap siklusnya serta mencapai target penelitian pada siklus III. Prosentase capaian untuk jumlah mahasiswa yang mempero leh nilai > 75 pada aspek pengetahuan siklus I sebesar 80%, siklus II sebesar 80%, dan siklus III sebesar 92%. Prosentase capaian untuk jumlah mahasiswa yang memperoleh nilai > 2,33 pada aspek keterampilan siklus I sebesar 60%, siklus II sebesar 64%, siklus III sebesar 80%. Prosentase capaian untuk jumlah mahasiswa yang memperoleh nilai > 2,33 pada aspek sikap siklus I sebesar 64%, siklus II sebesar 68%, siklus III sebesar 76%.

Kata kunci : Prestasi belajar, Discovery, Scientific, Kurikulum 2013


Full Text: 1-8