Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN 2016

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PADA BILANGAN PECAHAN DI SDN TANIPAH 2 KABUPATEN BARITO KUALA
Kenti Yuliana, Emi Audiasari

Last modified: 2017-04-26

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) mengembangkan media pembelajaran Matematika materi Operasi Hitung pada Bilangan Pecahan yang layak digunakan dan (2) meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Matematika materi Operasi Hitung pada Bilangan Pecahan pada siswa kelas IV SDN Tanipah 2 Kabupaten Barito Kuala. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasi model Borg and Gall. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar uji coba perorangan dan lembar uji coba lapangan. Hasil penelitian ini adalah (1) media pembelajaran layak digunakan dengan rata-rata skor penilaian kelayakan dari ahli materi mencapai rata-rata 4,17 dengan kriteria kelayakan “Sangat Baik”. Penilaian ahli media mencapai 3,97 dengan kriteria “Baik”; (2) media pembelajaran Matematika materi Operasi Hitung pada Bilangan Pecahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan persentase klasikal sebelum menggunakan media sebesar 58% dan sesudah menggunakan media sebesar 96,2%. Dari hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Matematika materi Operasi Hitung pada Bilangan Pecahan yang telah dikembangkan dalam penelitian ini layak digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: Penelitian dan Pengembangan, Media Pembelajaran, Hasil Belajar, Operasi Hitung Pecahan.

Abstract

This research aims to (1) develop mathematics learning media for arithmetic operation on fraction thopic that worthy to use and (2) to improve learning outcomes for this thopic in grade IV in SDN Tanipah 2 Barito Kuala. This research is use Research and Delemopment metode with Borg and Gall model adapting. Instruments that used in this research are validation sheets, individual testing sheets and field testing sheets. The result of this research were (1) the learning media is worthy to use with an average score of assessing the feasibility of subject matter experts to reach an average of 4.17 with the worthy criteria "Very Good". Media expert assessment reached 3.97 with "Good" criteria; (2) the mathematics learning media for arithmetic operation on fraction thopic can improve student learning outcomes with classical percentage before using the media by 58% and after using the media of 96.15%. From these results it can be concluded that the mathematics learning media for arithmetic operation on fraction thopic that have been developed in this research is worthy to use and can improve the student learning outcomes.

Keywords: Development and Research, Learning Media, Learning Outcomes, Arithmetic Operation on Fraction.


Full Text: 660-666