Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN 2016

Font Size: 
ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN SISWA MA SE-KABUPATEN KUDUS TERHADAP NATURE OF SCIENCE (NOS) PADA ASPEK TENTATIF
Wahyu Tri Febriliani, Eko Retno Mulyaningrum

Last modified: 2017-01-09

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman siswa MA terhadap Nature of Science (NoS) se-Kabupaten Kudus pada aspek tentatif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif dengan metode survey. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di 14 MA se-Kabupaten Kudus berjumlah 339 siswa. Pengambilan data menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Metode pengambilan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan angket. Tes yang diberikan menggunakan soal yang dikembangkan dari Khalick, et all., (1998). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa MA terhadap Nature of Science (NoS) pada aspek tentatif dalam kriteria “kurang sekali” dengan rata-rata nilai sebesar (20,77), frekuensi tertinggi pada skor 1 berjumlah 254 siswa. Skor 1 diperoleh karena siswa hanya mampu menjawab berupa claim saja. Hal tersebut membuktikan bahwa siswa masih kurang sekali dalam memahami aspek tentatif merupakan bagian dari Nature of Science (NoS).Kata kunci : Nature of Science (NoS), Aspek Tentatif, MA se-Kabupaten Kudus

Full Text: 613-618