Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN 2016

Font Size: 
PENGEMBANGAN LESSON PLAN BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH UNTUK MEMBANGUN KARAKTER KEPEDULIAN SISWA SD DI KOTA SEMARANG
Veryliana Purnamasari, Sukamto Sukamto

Last modified: 2017-01-09

Abstract


Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kesulitan guru dalam membuat teaching material, salah satunya lesson plan yang dapat mengembangkan nilai karakter siswa. Hal tersebut diketahui berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan sebelumnya dengan judul “Analisis Kualitas Teaching Material Berbasis Tematik Integratif Ditinjau dari Pengembangan Karakter Siswa”. Berdasarkan penelitian tersebut ternyata banyak guru yang belum maksimal dalam mengembangkan teaching material dengan pendekatan saintifik untuk terutama dalam mengembangkan karakter kepedulian siswa SD. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan lesson plan berbasis scientific approach yang layak untuk membangun karakter kepedulian. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Di tahun pertama dilakukan pengembangan lesson plan yang terdiri atas tahap : (1)penelitian dan pengumpulan data,(2) perencanaan,(3) pengembangan draft produk, Instrumen validasi produk ini digunakan untuk kriteria kevalidan produk. Instrumen untuk mengukur kevalidan produk ini menggunakan skala likert oleh ahli materi. Hasil penelitian ini berupa lesson plan berbasis scientific approach untuk membangun karakter kepedulian. Hasil penilaian ahli menunjukkan bahwa lesson plan yang telah dikembangkan layak menurut ahli materi dan ahli pembelajaran. Hasil validasi produk lesson plan menurut ahli materi 178 sehingga masuk kategori sangat baik, sedangkan menurut ahli pembelajaran 135 masuk dalam kategori baik.Kata Kunci: lesson plan, scientific approach, karakter kepedulian

Full Text: 601-612