Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN 2016

Font Size: 
TINGKAT LITERASI BAHASA JAWA SISWA SMP NEGERI KOTA SEMARANG
Asropah Asropah, Alfiah Alfiah, Bambang Sulanjari, Sunarya Sunarya

Last modified: 2017-01-09

Abstract


awal mengenai tingkat literasi bahasa Jawa sebagai pijakan untuk penelitian lebih lanjut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di kota Semarang dengan populasi siswa SMP Negeri pada semester gasal 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik proporsional sampling dengan sampel 4 (empat) SMP Negeri di kota Semarang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis model interaktif (Interactive Model of Analysis). Dalam model ini tiga komponen analisis, yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan, dilakukan dengan bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data (data collecting) sebagai suatu siklus. Hasil penelitian menunjukkan tingkat literasi bahasa Jawa siswa SMP Negeri Kota Semarang belum optimal, terbukti baru 41,67% responden yang berada pada kategori sangat baik, dan masih cukup banyak yang berada pada kategori kurang, yaitu 16,46%. Menurut beberapa guru bahasa Jawa, rendahnya kemampuan berbahasa Jawa siswa disebabkan sebagian siswa berasal dari lingkungan perumahan yang dalam berkomunikasi sehari-hari lebih banyak menggunakan bahasa Indonesia. Simpulan dari penelitian ini adalah tingkat literasi bahasa Jawa siswa SMP Negeri Kota Semarang masih perlu ditingkatkan lagi. Aspek yang perlu penanganan serius adalah aspek penerapan unggah-ungguh bahasa Jawa. Pada aspek ini perlu kiranya siswa mendapat perlakuan khusus sehingga bisa lebih memahami unggah-ungguh bahasa Jawa dengan baik dan dapat mengaplikasikannya. Kata kunci: tingkat literasi, bahasa Jawa, siswa SMP

Full Text: 508-517