Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN 2016

Font Size: 
PEMBELAJARAN MENGENAL BIDANG GEOMETRI MELALUI KREATIFITAS SENI SKETSA DI PUSAT UNGGULAN PAUD TAMAN BELIA CANDI SEMARANG
Ismatul Khasanah, Nila usumaningtyas, M.Kristanto M.Kristanto

Last modified: 2017-01-09

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan atas dasar pembelajaran mengenal bidang geometri perlu diajarkan sejak anak usia dini. Hal ini penting agar anak dapat memahami bidang geometri dengan baik dan benar melalui permainan-permainan yang kreatif dan menyenangkan, salah satu bentuk kreatifitas yang dapat dilakukan anak usia dini adalah seni sketsa. Melalui seni sketsa anak akan mengenal konsep-konsep bidang geometriyang sangat dibutuhkan sebagai penguatan keterampilan berpikir dan bertindak untuk pemecahan masalah sehari-hari yang ditemui anak. Fokus penelitian yang dilakukan adalah pada perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian atau evaluasi kemampuan anak mengenal bentuk geometri melalui seni sketsa.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode “kualitatif jenis naturalistik”. Pendekatan kualitatif penulis gunakan dengan pertimbangan ingin mendalami secara keseluruhan hubungan-hubungan yang ada dalam situasi sosial. Hasil penelitian ini adalah: Perencanaan pembelajaran mengenal bidang geometri melalui kreatifitas seni sketsa dilakukan oleh kepala sekolah dan semua guru di Pusat Unggulan PAUD Taman Belia Candi Semarang. Perencanaan dimulai dari menyusun Program Semester (Prosem), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH). Pada perencanaan pembelajaran memuat konsep-konsep geometri yang akan dikenalkan pada anak sesuai dengan tema.Pelaksanaan pembelajaran mengenal bentuk geometri melalui kreatifitas seni sketsa ada di setiap sentra yang diamati yaitu sentra seni, balok dan persiapan. Langkah–langkah pelaksanaan hampir sama di setiap sentra. Pertama guru berdiskusi tentang tema dan konsep-konsep yang akan dibangun pada hari itu, lalu guru memperkenalkan ragam main yang akan dimainkan anak. Penilaian pembelajaran mengenal bentuk geometri melalui kreatifitas seni sketsa dilakukan saat anak melakukan kegiatan, sesuai dengan pedoman penilaian kurikulum 2013 PAUD yaitu penilaian otentik.Kata Kunci: Pembelajaran, Bidang Geometri, Seni Sketsa

Full Text: 464-477