Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN 2016

Font Size: 
PENGGUNAAN MODEL PBM TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PROSES SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SUNGAI TABUK PADA KONSEP JENIS DAN DAUR ULANG LIMBAH
Yulianti Hidayah

Last modified: 2017-01-09

Abstract


Berdasarkan hasil wawancara dengan guru biologi di SMAN 1 Sungai Tabuk dan observasi awal yang dilakukan, pembelajaran materi jenis dan daur ulang limbah tahun sebelumnya yaitu tahun 2013/2014 masih dilakukan secara konseptual dengan standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 65. Tahun 2014/2015 standar KKM ini ditingkatkan menjadi 70. Kenaikan ini menuntut guru untuk memacu siswa agar dapat meningkatkan proses belajarnya. Upaya proses belajar dapat dicapai melalui berbagai metode dan pendekatan yang dapat melibatkan aktif siswa salah satu masalah tersebut adalah model Pembelajaran berdasarkan masalah (PBM). Penelitian ini bertujuan untuk mengukur penggunaan model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap hasil belajar kognitif proses (LKPD). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data hasil penelitian berupa data kuantitatif diperoleh dari hasil belajar kognitif proses diperoleh dari jawaban LKPD yang dikerjakan oleh siswa secara kelompok yang dinilai secara kategorikal. Hasil Penelitian kognitif proses dengan menggunakan model Pembelajaran Berdasarkan Masalah menunjukkan hasil belajar selama proses pembelajaran yang diperoleh dari LKPD konsep pembelajaran konsep jenis dan daur ulang limbah tergolong dalam kategori baik dengan persentase sebesar 83,4%.Kata Kunci : PBM, Hasil Belajar Kognitif Proses, Jenis dan Daur Ulang Limbah

Full Text: 458-463