Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN 2016

Font Size: 
PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN THINK PAIRS SHARE TERHADAP BERFIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMP N A DAERAH PULOKULON
Witi Asri Sayekti

Last modified: 2017-01-09

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru yang belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah, sehingga mengakibatkan berfikir kreatif siswa kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model Group Investigation dan model Think Pair and Share terhadap berfikir kreatif siswa pada materi Ekosistem kelas VII. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri A daerah Pulokulon pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling sehingga didapatkan subjek penelitian yaitu kelas VII A dengan jumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen A dan VII B dengan jumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen B. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu True Experimental Design dengan jenis Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil uji N-gain berfikir kreatif siswa pada kelas eksperimen A sebesar 0.625 termasuk dalam kategori sedang karena 0,30 < g ≤ 0,70, sedangkan pada kelas eksperimen B sebesar 0.465 termasuk dalam kategori sedang karena 0,30 < g ≤ 0,70. Hasil uji t berfikir kreatif siswa menunjukkan ttabel < thitung yaitu 1,998< 2,004, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah perbandingan model pembelajaran Group Investigation dapat menigkatkan berfikir kreatif siswa lebih baik dibandingkan model Think Pairs Share pada materi ekosistem di SMP N A daerah Pulokulon.Kata kunci: model Group Investigation, model Think Pair and Share, dan berfikir kreatif

Full Text: 447-457