Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN 2016

Font Size: 
PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS TERINTEGRASI STAD DAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP N KOTA SEMARANG
Ririn Kartika Wati, Sumarno Sumarno

Last modified: 2017-01-09

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran ARIAS Terintegrasi STAD dan Jigsaw untuk meningkatkan pemahaman konsep pada materi pencemaran lingkungan di SMP N Kota Semarang. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri Kota Semarang pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling sehingga didapatkan subjek penelitian yaitu kelas VII D dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen B dan VII E dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen A. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu True Experimental Design dengan jenis Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil uji N-gain pemahaman konsep siswa pada kelas eksprimen A sebesar 0,625 termasuk dalam kategori sedang karena 0,30 < g ≤ 0,70, sedangkan pada kelas eksperimen B sebesar 0,524 termasuk dalam kategori sedang karena 0,30 < g ≤ 0,70. Hasil uji t pemahaman konsep siswa menunjukkan ttabel < thitung yaitu 1,999 < 2,200, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah perbandingan model pembelajaran ARIAS Terintegrasi STAD dapat meningkatkan pemahaman konsep lebih baik dibandingkan model pembelajaran Jigsaw pada materi pencemaran lingkungan di SMP N Kota Semarang.Kata Kunci: ARIAS Terintegrasi STAD, Jigsaw, pemahaman konsep

Full Text: 440-446