Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN 2016

Font Size: 
PROFIL KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MTS SE-KABUPATEN KENDAL PADA ASPEK MENGELOMPOKKAN
Rika Nur Chahyanti, M.Syaipul Hayat

Last modified: 2017-01-09

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil keterampilan proses sains dan faktor-faktor yang mempengaruhi siswa MTs kelas VIII se-Kabupaten Kendal pada aspek mengelompokkan. Pada penelitian ini metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian yang digunakan sebanyak 349 sampel siswa dari 17 MTs di Kabupaten Kendal yang ditentukan dengan teknik sampling Proposionate Stratifate Random Sampling. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda yang mencakup aspek mengelompokkan dan di dukung dengan wawancara guru dan siswa serta observasi sarana dan prasarana pada sekolah yang dijadikan sampel. Hasil dari penelitian yang diperoleh siswa MTs di Kabupaten Kendal berada dalam kriteria cukup 60, hasil keterampilan proses sains siswa pada aspek mengelompokkan dengan nilai 76 (kriteria baik). Faktor yang mempengaruhi hasil keterampilan proses sains pada aspek mengelompokkan yaitu karena kemampuan mengelompokkan sangatlah penting dalam kerja ilmiah dan siswa dapat mengelompokkan perbedaan dan persamaan pada soal yang diujikan.Kata Kunci: Keterampilan Proses Sains, MTs se-Kabupaten Kendal, Mengelompokkan

Full Text: 433-439