Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN 2016

Font Size: 
ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) SISWA KELAS XI IPA SE-KOTA TEGAL
Puji Kristiana Dewi, M. Syaipul Hayat

Last modified: 2017-01-09

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai Keterampilan Proses Sains siswa kelas XI IPA SMA se-Kota Tegal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan metode survei. Sampel dalam penelitian ini 254 siswa SMA kelas XI se Kota Tegal yang diambil dengan menggunakan teknik proportionate statified random sampling. Metode pengambilan data menggunakan metode tes, wawancara, angket dan observasi. Analisis keterampilan proses sains siswa di SMA se-Kota Tegal tergolong pada kategori “baik dan cukup” dengan persentase yaitu 47% dan 46%. Jika dilihat dari segi aspek keterampilan proses sains siswa, aspek dengan persentase tertinggi yaitu aspek mengklasifikasikan dengan nilai 89, sedangkan terendah yaitu aspek menerapkan konsep dengan nilai 37, sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat keterampilan proses sains siswa SMA di Kota Tegal berkategori baik dan cukup.Kata Kunci: Keterampilan Proses Sains, SMA se Kota Tegal

Full Text: 395-404