Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN 2016

Font Size: 
ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN SISWA TERHADAP NATURE of SCIENCE (NoS) SISWA MTs SE-KABUPATEN KENDAL PADA ASPEK METODE ILMIAH
Dwi Kurnia Cahyani, Maria Ulfah

Last modified: 2017-01-09

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman siswa MTs terhadap Nature of Science (NoS) se-Kabupaten Kendal pada metode ilmiah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di17 MTs se-Kabupaten Kendal berjumlah 349 siswa. Pengambilan menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Metode pengambilan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan angket. Tes yang diberikan menggunakan soal yang dikembangkan dari Khalick, et al., (1997). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa MTs terhadap NoS pada aspek " metode ilmiah " dalam kriteria “Cukup" ( 45,93 ). Frekuensi skor tertinggi pada “skor 3” (135 siswa). Yang berarti siswa sudah memiliki pemahaman tentang NoS pada aspek metode ilmiah. Hal tersebut dikarenakan siswa sudah memahami tentang NoS (aspek metode ilmiah), meskipun skor masih dalam kriteria cukup.Kata Kunci: Nature of Science (NoS), MTs se-Kabupaten Kendal, pemahaman siswa, aspek metode ilmiah

Full Text: 334-341