Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN 2016

Font Size: 
PROFIL INTEGRATE ABILITY MAHASISWA DALAM PENULISAN SCRIPT MACROMEDIA FLASH PADA MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN
Ahmad Nashir Tsalatsa, Muhammad Prayito

Last modified: 2017-01-09

Abstract


Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kemampuan integrasi yang dimiliki mahasiswa pada penulisan script mata kuliah media pembelajaran. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. model yang digunakan adalah model analisis interaksi, dimana komponen reduksi data dan sajian data dilakukan bersamaan dengan proses pengumpulan data. Setelah data terkumpul, maka tiga komponen analisis (reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan) interaksi. Subyek penelitian adalah mahasiswa yang mengikuti mata kuliah media pembelajaran. Data hasil penelitian menunjukan kemampuan mahasiswa dalam mengintegrasikan masih tergolong rendah dengan nilai rata-rata pada mahasiswa pertama adalah 63 dan nilai rata-rata pada mahasiswa kedua adalah 70. Kesulitan yang dialami mahasiswa dalam melakukan perencanaan adalah kurangnya referensi media pembelajaran yang mereka lihat dan kurang detailnya framework yang mereka buat. Sedangkan kesulitan dalam praktek pembuatan media pembelajaran adalah kurangnya kreatifitas mahasiswa dalam mengkreasikan objek menjadi lebih menarik dan kurangnya kemampuan mahasiswa dalam pengelolaan penulisan script pada keyframe.Kata Kunci: Kemampuan Integrasi, Script, Media Pembelajaran, Framework

Full Text: 325-333