Seminar Universitas PGRI Semarang, LONTAR PHYSICS FORUM (LPF) 2015

Font Size: 
Pengaruh Penggunaan Alat Peraga terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Pokok Bahasan Gerak Parabola
Qonaah Aniyq Adawiah, Nur Khoiri, Ernawati Saptaningrum

Last modified: 2016-06-20

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan alat peraga terhadap pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan gerak parabola. Desain penelitian ini adalahquasi eksperiment yang berbentuk pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 9 Semarang. Sampel terdiri dari dua kelas yang diambil dengan teknik simple random sampling yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian berupa tes pemahaman konsep gerak parabola. Dari analisis tahap awal terhadap nilai pretest dengan uji normalitas dan uji homogenitas menunjukkan bahwa kedua kelas tersebut normal dan homogen. Analisis tahap akhir menggunakan uji-t (pihak kanan) untuk mengetahui pengaruh pemahaman konsep kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai 8,139  > 1,667 dengan kriteria pengujian jika thitung> ttabel makaH0 ditolak. Bersarnya pengaruh diketahui dari perhitungan menggunakan uji gain, diperoleh nilai sebesar 0,704 yang termasuk dalam kategori tinggi pada kelas eksperimen dan pada kelas kontrol sebesar  0,404 yang termasuk dalam ketegori sedang. Dari analisis tersebut dapat diketahui bahwa pembelajaran dengan menggunakan alat peraga sebagai media memberikan pengaruh cukup besar daripada pembelajaran secara konvensional.

Kata kunci:, Alat Peraga, Pemahaman konsep.

Full Text: 141-145