Seminar Universitas PGRI Semarang, LONTAR PHYSICS FORUM (LPF) 2015

Font Size: 
PENGEMBANGAN MODUL ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Afi Nur Afiani, Widodo Widodo

Last modified: 2016-06-20

Abstract


- Salah satu bahan ajar yang efektif, efisien, dan mengutamakan kemandirian siswa adalah modul. Pembelajaran yang meggunakan modul mendorong siswa aktif dan mandiri dengan bimbingan guru. Keunggulan modul berbasis inkuiri terbimbing menjadi bahan ajar yang dapat membantu meningkatkan keaktifan siswa serta dapat memberi kesempatan belajar siswa sesuai kemampuan masing-masing siswa. Namun, bahan ajar yang digunakan di Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Danunegaran Yogyakarta belum mengarah pada proses penemuan atau inkuiri.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Modul Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Berbasis Inkuri Terbimbing untuk Pembelajaran Siswa Kelas V SD pada Materi Pesawat Sederhana, mengetahui kelayakan modul, dan untuk mengetahui keefektifan modul.

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Produk yang dihasilkan adalah Modul IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah Danunegaran Yogyakarta yang terdiri atas 16 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, sedangkan  analisis data dilakukan dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan  ahli pembelajaran, modul dinyatakan layak. Berdasarkan respon siswa dan respon guru pada tahap uji coba lapangan, modul dinyatakan efektif untuk pembelajaran IPA siswa  SD Muhammadiyah Danunegaran Yogyakarta pada Materi Pesawat Sederhana.

Kata Kunci : Modul, Pendekatan, Inkuiri Terbimbing, dan Pesawat Sderhana.

Full Text: 89-93