Seminar Universitas PGRI Semarang, LONTAR PHYSICS FORUM (LPF) 2015

Font Size: 
PENGEMBANGAN CD GASING PBL UNTUK PEMBELAJARAN OPTIK DI SMA
Alek Hidayat, Ahmad Sofian, Suharto Linuwih

Last modified: 2016-06-20

Abstract


Media pembelajaran digunakan untuk membantu guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Media CD GASING PBL dikembangkan agar memberi ragam atau variasi belajar, sehingga siswa akan lebih tertarik dan termotivasi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran fisika yang layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran yang dikemas dalam bentuk CD GASING PBL. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Pada penelitian ini, produk yang telah dikembangkan divalidasi oleh pakar kemudian dilakukan pengujian skala kecil dan skala besar. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah data validasi produk oleh pakar, angket tanggapan guru dan siswa terhadap CD GASING PBL, hasil belajar siswa serta keaktifan siswa menggunakan lembar validasi ahli, test dan observasi. CD GASING PBL efektif karena hasil uji hipotesis kemampuan kognitif didapatkan nilai p (sig) sebesar 0,000 pada uji Mann-Whitney. Karena nilai p (sig) lebih kecil 0,025 maka disimpulkan bahwa kemampuan kognitif  kelas eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Hasil uji hipotesis keaktifan siswa didapatkan nilai p (sig) sebesar 0,002 pada uji t. Karena nilai p (sig) lebih kecil 0,025 maka disimpulkan bahwa keaaktifan siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol.

Kata kunci : Pembelajaran, CD GASING PBL, hasil belajar.

Full Text: 75-82