Seminar Universitas PGRI Semarang, LONTAR PHYSICS FORUM (LPF) 2015

Font Size: 
MODEL MANAJEMEN DIRI PADA PENGEMBANGAN PROFESI GURU FISIKA
Muhdi Muhdi, Ngurah Ayu Nyoman Murniati, Arri Handayani

Last modified: 2016-06-20

Abstract


Pengelolaan sumber daya pendidik yang berkualitas sangat dibutuhkan semua institusi pendidikan. Hal ini dilakukan agar institusi mampu bertahan dalam persaingan kompetitif. Hal serupa juga dilakukan pada guru mata pelajaran fisika. Mengingat fisika juga merupakan mata pelajaran pokok dan pilihan di SMA dan sederajat. Berdasarkan karakteristiknya fisika bukan sebagai mata pelajaran favorit. Hasil observasi menunjukkan 65% siswa menyukai fisika karena keterpaksaan dan tidak mau menjadikan sebagai mapel favorit. Hal ini menjadi tantangan guru fisika untuk mengakutalisasikan diri dan profesinya. Salah satu upaya meningkatkan profesionalisme guru fisika adalah melalui pengelolaan diri yang maksimal. Permasalahan yang muncul bagaimanakah model pengelolaan diri dalam upaya pengembangan diri guru fisika?

Model pengelolaan diri 4M disusun sebagai deskripsi kebutuhan aktualisasi diri guru fisika yang ditinjau dari kualifikasi pendidikan, masa kerja, persepsi hasil kinerja, peran serta dalam diklat/workshop. Model yang disusun merupakan model konseptual yang masih memerlukan pengembangan dalam suatu penelitian R&D.

Kata kunci :  Model, Manajemen diri, Profesi, Guru Fisika.


Full Text: 43-48