Seminar Universitas PGRI Semarang, LONTAR PHYSICS FORUM (LPF) 2015

Font Size: 
MEDIA “SCIENCE FABLE” DALAM PEMBELAJARAN IPA TERPADU UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER KEPEDULIAN LINGKUNGAN DI SMP NURUL ULUM SEMARANG
Hesty Verliyanti, Ida Wahidah Lailatul Hidayah, Ahmad Agung Fahruri

Last modified: 2016-06-20

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui media Science Fable dalam pembelajaran IPA Terpadu di SMP dalam menumbuhkan karakter kepedulian lingkungan di SMP Nurul Ulum Semarang.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMP Nurul Ulum Semarang, Jalan K.H Zainuddin no.53 Karang roto, Genuk Semarang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A dengan jumlah siswa 27 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Dokumentasi, Angket dan Observasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang dilakukan selama tiga siklus. Setiap siklus secara bertahap dimulai dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan evaluasi serta analisis dan refleksi.

Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari hasil analisis indikator karakter kepedulian lingkungan dari pembelajaran terdapat kenaikan tiap siklusnya yaitu pada indikator pertama mengalami kenaikan dari 2,4 menjadi 2,41 dan meningkat lagi menjadi 2,7; indikator ke dua mengalami kenaikan dari 2,4 menjadi 2,41 dan meningkat lagi menjadi 2,7; indikator ke tiga mengalami kenaikan dari 2,4 menjadi 2,41 dan meningkat menjadi 2,8; indikator ke empat mengalami kenaikan dari 2,7 menjadi 2,78 dan meningkat lagi 2,8; sedangkan pada indikator ke lima mengalami kenaikan dari 2,7 menjadi 2,85 dan meningkat 2,9. Maka kesimpulan dari peneliti adalah adanya pertumbuhan karakter kepedulian lingkungan dan peningkatan  hasil belajar siswa kelas VII A SMP Nurul Ulum selama mengikuti pembelajaran IPA menggunakan media Science Fable.

Kata kunci : Media Science Fable, IPA Terpadu, Karakter Kepedulian Lingkungan.


Full Text: 37-42