Seminar Universitas PGRI Semarang, LONTAR PHYSICS FORUM (LPF) 2015

Font Size: 
IMPLEMENTASI MODEL KLINIK VOKASI PADA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS XI 2 PADA POKOK BAHASAN ARUS BOLAK-BALIK (AC) SMK N 5 SEMARANG PADA JURUSAN TEKNIK PERMESINAN (TP)
Aditya Agustiantoro, Duwi Nuvitalia, Ngurah Ayu Nyoman Murniati

Last modified: 2016-06-20

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa melalui model pembelajaran Klinik vokasi pada kelas XI 2 SMK N 5 Semarang pada jurusan teknik permesinan (TP) dengan materi pokok bahasan arus bolak-balik (AC). Subjek penelitian adalah kelas XI TP 2 yang berjumlah 35 siswa yang terdiri dari 34 laki-laki dan 1 perempuan.

Klinik Vokasi adalah Fasilitas pelayanan pendidikan yang bentuknya tutorial sebaya atau peer lesson untuk mengembangkan kreativitas keahliaan, kemampuan, pemahaman, tingkah laku, kebiasaan yang diselenggarakan oleh lebih dari satu jenis tenaga pendidik dan dipimpin oleh seorang tenaga pendidik.

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan denga cara observasi dan tes. Observasi digunakan untuk mengetahui aspek afektif, psikomotorik, ketercapaian model dan kinerja guru. Sedangakan tes digunakan untuk mengetahui kreativitas kognitif siswa di setiap akhir siklus.

Dari hasil analisis menunjukan adanya peningkatan disetiap siklusnya pada aspek afektif siklus I diperoleh 57,38%, siklus II diperoeh 81,43%. Sedangkan pada aspek psikomotorik siklus I diperoleh 61,67%, siklus II diperoleh 75,24%. Kinerja guru siklus I diperoleh 66,6%,  siklus II diperoleh 93,3%, Sedangkan untuk ketuntasan belajar klasikal siklus I diperoleh 69%, siklus II diperoleh 81%.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah implementasi model Klinik Vokasi dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas XI 2 pada pokok bahasan arus bolak-balik (AC) SMK N 5 Semarang pada jurusan teknik permesinan (TP).

Kata kunci: model Klinik Vokasi, kreativitas siswa.

Full Text: 17-20