Seminar Universitas PGRI Semarang, LONTAR PHYSICS FORUM (LPF) 2015

Font Size: 
PENYIAPAN SDM UNGGUL ABAD 21 DALAM PEMBELAJARAN FISIKA
Ngurah Ayu Nyoman Murniati

Last modified: 2016-06-20

Abstract


Sesuai karakteristiknya, fisika adalah salah satu ilmu yang seringkali dipelajari teoritis dan dibuktikan secara eksperimen. Sehingga pembelajaran fisika sebaiknya dilakukan secara proses bukan produk dalam merujuk kebermaknaan pembelajaran.  Terlebih lagi dalam menyongsong abad 21, pesona globalisasi dan pasar bebas. Penyiapan SDM pendidik dan peserta didik yang berkualitas sangat diperlukan pada pembelajaran fisika. Hal ini sesuai tujuan pendidikan nasional dalam mengembangkan potensi untuk menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berilmu, cakap, kreatif, nasionalis, dan tangguh. Dalam upaya penyiapan SDM yang produktif, inovatif, kritis, dan kreatif  perlu dilakukan penguatan sikap, ketrampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi. Penyiapan SDM pendidik yang berkualitas dilaksanakan secara mandiri dan kelompok secara berkelanjutan dalam suatu pengembangan profesi. Sedangkan penyiapan SDM peserta didik sebagaimana yang diharapkan diatas dilakukan melalui perubahan sesuai kebutuhan dan tantangan abad 21. Peran serta pendidik sangat penting untuk menyiapkan SDM peserta didik yang unggul.  Penguasaaan terhadap content pedagogical materi subject menjadi kunci dalam menyiapkan peserta didik sebagai pebelajar fisika yang tangguh abad 21.

Full Text: 7-9