Font Size:
Pengaruh Pendekatan Problem Solving Model Search, Solve, Create and Share (SSCS) Berbantuan Modul Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis
Last modified: 2013-09-29
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan Pemecahan Masalah (PM) model SSCS berbantuan modul terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan listrik dinamis. Penelitian dilaksanakan di kelas X SMA Institut Indonesia Semarang semester genap tahun ajaran 2012/2013. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode tes. Berdasarkan hasil analisis data akhir diperoleh rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa untuk kelas eksperimen sebesar 84,13 dan rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa untuk kelas kontrol sebesar 72,46. Pengujian hipotesis Ha dengan menggunakan uji-t pihak kanan didapatkan thitung= 4,3977, sedangkan ttabel = 2,0017. Hal ini menunjukkan H0 ditolak karena thitung> ttabel. Sehingga ada perbedaan rata-rata yang disebabkan oleh pemberian perlakuan. Simpulan yang dapat ditarik berdasarkan uji t pihak kanan adalah pendekatan PM model SSCS memberikan pengaruh lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional bagi kemampuan berpikir kritis siswa.
Kata kunci: Pendekatan problem solving, model SSCS, modul, kemampuan berpikir kritis.
Kata kunci: Pendekatan problem solving, model SSCS, modul, kemampuan berpikir kritis.
Full Text:
PDF