Seminar Universitas PGRI Semarang, lpf2013

Font Size: 
Pengaruh Pendekatan Problem Solving Model Search, Solve, Create and Share (SSCS) Berbantuan Modul Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis
Siti Khoirifah, Ernawati Saptaningrum, Joko Saefan

Last modified: 2013-09-29

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan Pemecahan Masalah (PM) model SSCS berbantuan modul terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan listrik dinamis. Penelitian dilaksanakan di kelas X SMA Institut Indonesia Semarang semester genap tahun ajaran 2012/2013. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode tes. Berdasarkan hasil analisis data akhir diperoleh rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa untuk kelas eksperimen sebesar 84,13 dan rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa untuk kelas kontrol sebesar 72,46. Pengujian hipotesis Ha dengan menggunakan uji-t pihak kanan didapatkan thitung= 4,3977, sedangkan ttabel = 2,0017. Hal ini menunjukkan H0 ditolak karena thitung> ttabel. Sehingga ada perbedaan rata-rata yang disebabkan oleh pemberian perlakuan. Simpulan yang dapat ditarik berdasarkan uji t pihak kanan adalah pendekatan PM model SSCS memberikan pengaruh lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional bagi kemampuan berpikir kritis siswa.
Kata kunci: Pendekatan problem solving, model SSCS, modul, kemampuan berpikir kritis.

Full Text: PDF