Seminar Universitas PGRI Semarang, lpf2013

Font Size: 
Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dengan Pemanfaatan Lks Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII-G SMP N 12 Semarang Tahun Ajaran 2012/ 2013
Lastanto Lastanto, Ngurah Ayu Nyoman Murniati, Irna Farikhah

Last modified: 2013-09-29

Abstract


Dalam mata pelajaran IPA, siswa sering merasa jenuh dalam KBM. Hal ini dikarenakan masih banyak guru yang mengajar menggunakan metode konvensional sehingga membuat siswa bosan dan cendrung tidak mendengarkan saat KBM berlangsung, sehingga nilai prestasi belajar siswa juga akan ikut menurun. Guru juga sering menemukan kesulitan memberikan motivasi siswa agar mampu berbicara untuk mengemukakan pertanyaan atau pendapat saat proses belajar mengajar belangsung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa di kelas VII-G SMP N 12 Semarang. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini dilakukan dengan rancangan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian siswa kelas VII-G SMP N 12 Semarang. Hasil analisis dari lembar observasi keaktifan siswa, pada siklus I diperoleh keaktifan siswa 74,14% (kategori sedang), siklus II meningkat menjadi 76,80 % dan pada siklus III meningkat menjadi 81,17 % dapat dikategorikan aktifitas siswa dalam pembelajaran IPA dengan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan pemanfaatan LKS metode tinggi. Penilaian pada lembar observasi kinerja guru pada siklus I diperoleh sebesar 80,70%, pada siklus II diperoleh sebesar 84,60% dan ada peningkatan pada siklus III menjadi 86,54% dan dikategorikan kinerja guru sudah sesuai. Penilaian pada angket taggapan siswa terhadap model pembelajaran TAI dengan pemanfaatan LKS pada siklus I didapatkan data 74,22%, siklus II didapat data 77,52%, dan siklus III didapat data 86,54 % yang menunjukkan sikap siswa positif terhadap model pembelajaran TAI dengan pemanfaatan LKS. Sedangkan untuk penilaian pada evaluasi pilihan ganda atau aspek kognitifnya, diperoleh data ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 63% dan meningkat pada siklus II sebesar 75%, dan lebih meningkat pada siklus III sebesar 91%. Dan nilai rata-rata pada siklus I sebesar 70,94, siklus II sebesar78,75, dan siklusIIImeningkat menjadi 88,44dengan siswa yang tuntas sebanyak 29 siswa dan yang tidak tuntas 3 siswa.
Kata kunci : Kooperatif Tipe TAI, LKS, Hasil belajar

Full Text: PDF