Seminar Universitas PGRI Semarang, lpf2013

Font Size: 
Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, TGT, dan Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 26 Semarang
Khoirotun Nisa’, Ngurah Ayu Nyoman Murniati, Susilawati Susilawati

Last modified: 2013-09-29

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD, TGT, dan jigsaw terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran kooperatif siswa kelas VII SMPN 26 Semarang tahun pelajaran 2012-2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 26 Semarang. Sedangkan sampel penelitian sebanyak 4 kelas yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen dengan posttest only control design. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi, observasi, dan tes. Data tes hasil belajar dianalisis dengan menggunakan uji-t. Setelah dilakukan analisis, pada kelas eksperimen 1 dengan kelas kontrol diperoleh thitung = 4.457, sedangkan ttabel = 1.998. Pada kelas eksperimen 2 dengan kelas kontrol diperoleh thitung = 4.442, sedangkan ttabel = 1.998. Pada kelas eksperimen 3 dengan kelas kontrol diperoleh thitung = 2.437, sedangkan ttabel = 1.995. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka diketahui bahwa thitung > ttabel. Pada taraf nyata 5% maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara siswa yang mendapatkan pembelajaran kooperatif tipe STAD, TGT, dan jigsaw terhadap hasil belajar dibandingkan dengan pembelajaran kooperatif. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan skor rata-rata posttest, ketuntasan individu dan klasikal.
Kata kunci: STAD, TGT, jigsaw, pembelajaran kooperatif, cluster random sampling, dan posttest only control design.

Full Text: PDF