Seminar Universitas PGRI Semarang, lpf2013

Font Size: 
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Model Pembelajaran TGT Melalui Media Wall Dictionary Bagi Siswa SMP N 3 Batang Tahun Pelajaran 2012/2013
Nisaul Khusna, Ngurah Ayu Nyoman Murniati, Duwi Nuvitalia

Last modified: 2013-09-29

Abstract


Tujuan dalam penelitian yang penulis lakukan adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VII E SMP Negeri 3 Batang diawali dengan menyusun wall dictionary. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan jumlah siswa yang mencapai KKM, meningkatkan penguasaan kosa kata science dalam bahasa Inggris. Subyek penelitian adalah siswa Kelas VII E Semester II SMP Negeri 3 Batang. Sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) pengamatan dan 4) refleksi. Adapun untuk pengambilan data pada setiap siklus tersebut digunakan lembar observasi dan soal tes akhir siklus. Dari serangkaian kegiatan siklus I sampai dengan III, menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari satu siklus ke siklus berikutnya. Hal ini terlihat dari tingkat ketuntasan nilai yang dicapai pada tiap akhir siklus, yakni: Pada siklus I rata-rata nilai 74,4 dan persentase ketuntasan klasikal 63%. Pada siklus II rata-rata nilai mencapai 79,3 dan persentase ketutasan klasikal 76,7%. Diperoleh data Aktifitas siswa 74,16% pada siklus I, kemudian diperoleh 80,6% pada siklus II, kemudian diperoleh 84,16 % pada siklus III. Pengamatan terhadap guru pada siklus I didapat 73,33%, pada siklus II menjadi 78,33%, dan 83,3% pada siklus III. Kesimpulan dari kegiatan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan pada kelas VII E SMP Negeri 3 Batang tahun pelajaran 2012/ 2013, dengan penerapan model pembelajaran TGT dengan media wall dictionary pada pokok bahasan gerak adalah mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci: TGT, wall dictionary, hasil belajar.

Full Text: PDF