Seminar Universitas PGRI Semarang, Seminar Nasional HIMA PGSD 2019

Font Size: 
PENGGUNAAN METODE GASING PADA PEMBELAJARAN KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR DI SEKOLAH DASAR
Ristiana Ristiana, Ryky Mandar Sary, Fajar Cahyadi

Last modified: 2019-06-18

Abstract


Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern  yang mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin ilmu dan memajukan daya pikir manusia. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  penggunaan    metode  gasing  pada  materi  keliling  dan  luas bangun  datar     di  Sekolah  Dasar.  Penelitian  ini  menggunakan  pendekatan kualitatif.  Subjek  penelitian  berjumlah  39  siswa.  Hasil  penelitiannya  adalah metode gasing dapat digunakan di sekolah dasar pada materi keliling dan luas bangun  datar siswa kelas  IV  SDN Plamongansari 01  Semarang.  Hal  tersebut didukung oleh hasil belajar yang semakin meningkat disetiap pertemuannya dan rata-rata nilai siswa yang mencapai 71,128 dengan nilai tertinggi 100 dan terendah

35 dengan KKM 65. Siswa yang mencapai KKM sebanyak 34 siswa dari 39 siswa.

Kata Kunci: metode gasing, matematika, sekolah dasar

 

Abstrac : Mathematics is a universal science that underlies the development of modern technology which has an important role in various scientific disciplines and advances human thinking power. In this study the aim was to describe the use of gasing methods on mobile material and the area of flat building in elementary schools. This study uses a qualitative approach. The research subjects were 39 students. The results of his research are the gasing method can be used in elementary schools in the circumference and wide material flat building fourth grade  students  of  SDN  Plamongansari  01  Semarang.  This  is  supported  by learning  outcomes  that  increase  in  each  meeting  and  the  average  score  of students reaching 71.128 with the highest score of 100 and the lowest 35 with KKM 65. Students who reach KKM are 34 students from 39 students.

Keywords: method gasing, mathematics, elementary schools


Full Text: PDF