Seminar Universitas PGRI Semarang, Seminar Nasional HIMA PGSD 2019

Font Size: 
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DENGAN MEDIA TANGRAM BERPETAK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SD
Afriella Eka Kurniawati, Sukamto Sukamto, Husnul Hadi

Last modified: 2019-06-18

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Think Talk Write dengan media tangram berpetak terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SD. Jenis penelitian ini merupakan penelitian

kuantitatif menggunakan desain quasi experimental dengan bentuk non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah

seluruh siswa kelas IV SD Negeri 02 Penggarit Pemalang yang berjumlah

28 siswa dan seluruh siswa kelas IV SD Negeri 01 Kejambon Pemalang yang berjumlah 28 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelompok siswa

kelas IV SD Negeri 02 Penggarit sebagai kelas eksperimen dan kelompok siswa   kelas   IV   SD   Negeri   01   Kejambon   sebagai   kelas   kontrol.

Pengumpulan data kemampuan komunikasi matematis siswa dilakukan dengan teknik wawancara, tes essay, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil

analisis diperoleh ��ℎ������𝑔  = 3,789 dengan α = 5% dan dk = 28 + 28 – 2 =

54 diperoleh �������𝑙  = 2,007. Jadi ��ℎ������𝑔  > �������𝑙 , yaitu 3,789 > 2,007

maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga penerapan model pembelajaran

Think  Talk  Write dengan  media  tangram  berpetak  efektif  terhadap

kemampuan komunikasi matematis siswa SD. Nilai rata-rata siswa kelas eksperimen yaitu 88,57 lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 77,93. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Talk Write dengan media tangram berpetak efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SD.

Kata Kunci: think talk write, komunikasi matematis

 

Abstract

This study aims to determine the implementation of Think Talk Write

learning models with tangram plotted media to elementary students' mathematical communication skills. Kind of this study is a quantitative study using a quasi experimental design with a non equivalent control group design. The population is all fourth grade students of  Elementary School 02 Penggarit Pemalang amounted to 28 students and all fourth grade students of Elementary School 01 Kejambon Pemalang amounted 28 students. The sample of this study is group of students of Grade IV of SDN

02 Penggarit as experiment class and student group of class IV SDN 01

Kejambon  as  control  class.  Data colection of students’  mathematical


 

communication skills is by interview, essay tests, observation, dan documentation. The data obtained were analyzed using the t-test. Based on the results of the analysis obtained t_calculation = 3.789 with α = 5% and dk = 28 + 28 - 2 = 54 obtained t_table = 2.007. So t_calculation > t_table, which is 3.789> 2.007 then H0 is rejected and Ha is accepted, so that the implementation of the Think Talk Write learning model with tangram plotted media is effective for elementary students' mathematical communication skills. The average value of the experimental class is 88.57 higher than the average value of the control class which is 77.93. Thus, it can be concluded that the implementation of the Think Talk Write learning model with tangram media is effective for the elementary students' mathematical communication skills.

Keywords: think talk write, mathematical communication


Full Text: PDF