Seminar Universitas PGRI Semarang, Seminar Nasional Menduniakan Bahasa dan Sastra Indonesia

Font Size: 
Pengembangan Bahan Ajar Cerpen Sejarah Berbasis Kearifan Lokal Dalam Peningkatan Kebahasaan Siswa
Rani Jayanti

Last modified: 2019-01-17

Abstract


Penelitian ini berfokus pada pengembangan bahan ajar cerpen sejarah berbasis kearifan lokal dalam peningkatan kebahasaan siswa MAN 7 Jombang Jawa Timur. Tujuan penelitian adalah menjelaskan peningkatan kompetensi kebahasaan dalam menulis teks cerpen sejarah siswa MAN 7 Jombang Jawa Timur. Teori kearifan lokal Ayatrohaedi (2008) and Depdiknas (2008) digunakan dalam analisis kajian ini. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan data penelitian berupa struktur kebahasaan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik yang dikembangkan oleh Sugiono (2015). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kompetensi kebahasaan dalam menyusun teks cerpen sejarah siswa MAN 7 Jombang di Jawa Timur terlihat dari nilai siswa saat menulis teks cerpen sejarah mengalami peningkatan dari faktor kebahasaan khususnya pemilihan kosakata yang awalnya yang hanya 0% menjadi 79%.

Kata kunci: Kearifan lokal, kebahasaan, MAN 7 Jombang

Full Text: 196-207