Seminar Universitas PGRI Semarang, Seminar Nasional Menduniakan Bahasa dan Sastra Indonesia

Font Size: 
PENDIDIDKAN KARAKTER EKOLOGI DALAM BUKU BAHAN BACAAN ANAK HIJAU ASRAMAKU KARYA TEGUH PURWANTARI
M.Oktavia Vidiyanti

Last modified: 2019-01-17

Abstract


Tulisan ini mengkaji pendidikan karakter ekologi yang terdapat di dalam bahan bacaan siswa tingkat sekolah dasar yang memaparkan  alam dan perempuan dalam cerita Hijau Asramaku. Hal yang dibicarakan antara lain adalah pertama, analisis perilaku antroposentrisme kapitalis yang tedpata cerita Hijau Asramaku dengan misi pembangunan. Kedua, posisi tokoh-tokoh (khususnya tokoh perempuan), baik sebagai korban maupun sebagai pelaku perwalanan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan studi pustaka yang berisi pemikiran yang hanya didapatkan secara referensial dengan mengacu pada buku-buku ekofeminisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan nilai karakter ekologi prespektif ekofeminis merupakan sikap yang perlu ditanamkan sejak dini kepada anak-anak agar mereka menjadi generasi yang sadar tentang pentingnya kelestarian alam dan generasi pewaris kehidupan.


Full Text: 143-150