Seminar Universitas PGRI Semarang, Seminar Nasional Menduniakan Bahasa dan Sastra Indonesia

Font Size: 
STRATEGI KOMUNIKASI PEMELAJAR BIPA PADA PEMBELAJARAN TINGKAT DASAR
Mega Mulianing Maharani

Last modified: 2019-01-17

Abstract


Pembelajaran BIPA dibedakan menjadi tiga tingkatan yaitu tingkat dasar, menengah dan mahir. Kebutuhan berkomunikasi akan menjadi sangat sulit bagi pembelajar tingkat dasar karena tingkat dasar merupakan tingkatan paling awal yang harus dijalani oleh semua pemelajar BIPA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis strategi komunikasi yang digunakan pemelajar asing pada pembelajaran tingkat dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi. Peneliti mengadopsi strategi komunikasi yang dikemukakan oleh Indrariani (2011) yang menyebutkan bahwa ada 14 strategi yang digunakan pemelajar asing dalam pembelajaran BIPA. Peneliti menemukan ada 12 strategi komunikasi yang digunakan pemelajar dari Tajikistan, Mesir dan Thailand dalam pembeljaran BIPA tingkat dasar.

Kata kunci: strategi komunikasi, BIPA, pembelajaran tingkat dasar


Full Text: 134-142