Seminar Universitas PGRI Semarang, JOINT INTERNATIONAL SEMINAR

Font Size: 
Pengembangan Ketrampilan Berpikir Aras Tinggi Melalui Penelitian Tindakan Kelas
Slameto Slameto, Krisma Widi Wardani, Firosalia Kristin

Last modified: 2017-05-30

Abstract


Bagi mahasiswa PGSD, amatlah perlu pemetaan hasil-hasil penelitian yang mana mereka dituntut untuk menyiapkan diri serta kelak dapat berpartisipasi setelah lulus. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) seberapa banyakkah penelitian tindakan kelas SD yang pernah dilakukan untuk meningkatkan capaian pembelajaran yang berupa keterampilan berpikir tingkat tinggi, dan 2) seberapa tinggi peningkatan capaian pembelajaran yang berupa keterampilan berpikir aras tinggi yang dihasilkan melalui penelitian tindakan kelas SD yang sudah pernah dilakukan?  Penelitian ini menggunakan studi dokumen atas hasil-hasil penelitian sebelumnya. Pengumpulan data dilakukan dengan menelusuri jurnal melalui Google Cendekia. Setelah diseleksi yang memenuhi kriteria ternyata hanya diperoleh 6 penelitian di sekolah dasar untuk dianalisis lebih lanjut. Paparan ini berhasil menunjukkan bukti bahwa Peningkatan capaian pembelajaran yang berupa keterampilan berpikir aras tinggi yang dihasilkan melalui Penelitian Tindakan Kelas SD sudah pernah dilakukan sejak 2010; keterampilan berpikir aras tinggi meliputi: kemampuan pemecahan masalah, pengambilan keputusan, berpikir kreatif, dan berpikir kritis Jumlah penelitian tindakan kelas SD yang pernah dilakukan terbukti meningkatkan capaian pembelajaran yang berupa keterampilan berpikir aras tinggi dengan rentang 67,79% - 84,10% atau rata-rata sekitar 8%.

Full Text: PDF