Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN MELALUI MEDIA PATUNG PADA SISWA KELAS IV SD N 2 KEMBANG JEPARA
Tony Eko Nugroho, Iin Purnamasari, Aries Tika Damayani

Last modified: 2017-07-21

Abstract


Penelitian ini di latarbelakangi siswa merasa tidak mampu berpikir secara abstrak, selain itu guru belum menampilkan media-media yang dapat membantu siswa memahami materi. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap profesionalitas guru dan meningkatkan kualitas pembelajaran di SD N 2 Kembang Jepara sehingga dapat memiliki nilai akademik yang baik, mengetahui apakah penerapan media pembelajaran PATUNG pada materi operasi hitung campuran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD N 2 Kembang Jepara. Jenis Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) pengamatan dan 4) refleksi. Adapun untuk pengambilan data pada setiap siklus tersebut digunakan lembar observasi dan soal tes akhir siklus. Hasil penelitian  tindakan kelas ini menunjukkan adanya peningkatan hasil  belajar siswa  baik secara individu maupun secara klasikal, serta peningkatan keterampilan guru dalam pembelajaran  Matematika.


Full Text: PDF