Last modified: 2017-07-21
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi siswa merasa tidak mampu berpikir secara abstrak, selain itu guru belum menampilkan media-media yang dapat membantu siswa memahami materi. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap profesionalitas guru dan meningkatkan kualitas pembelajaran di SD N 2 Kembang Jepara sehingga dapat memiliki nilai akademik yang baik, mengetahui apakah penerapan media pembelajaran PATUNG pada materi operasi hitung campuran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD N 2 Kembang Jepara. Jenis Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) pengamatan dan 4) refleksi. Adapun untuk pengambilan data pada setiap siklus tersebut digunakan lembar observasi dan soal tes akhir siklus. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa baik secara individu maupun secara klasikal, serta peningkatan keterampilan guru dalam pembelajaran Matematika.