Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
URGENSI PEMAHAMAN SISTEM AMONG KI HAJAR DEWANTARA DALAM DUNIA PENDIDIKAN
Nurul Fithriyah

Last modified: 2017-07-21

Abstract


Dalamwaktu belakangan ini Indonesia marakberbagai tindakan kriminalitas, beredarnya video asusila, dan kekerasan seksual yang dilakukan oleh para pemuda bangsa Indonesia khusunya anak yang dibawah umur. Tindakan tersebut menunjukkan perilaku yang amoral. Pada hakekatnya karakter bersumber dari jati diri, dan budaya yang ada di tengah- tengah kehidupan. Pendidikan diharapkan dapat memberikan peluang yang positif untuk mengembangkan sikap-sikap seperti kemandirian, kejujuran, tanggung jawab, disiplin, religiusitas, sosialitas, demokrasi,dll. Untuk membentuk sikap seperti itu pasti ada prinsip yang diterapkan secara maksimal. Oleh karena itu pendidikan karakter, moral dan budaya, melalui prinsip yakni Ki Hajar Dewantara memiliki tiga semboyan yaitu Ing Ngarsa Sung Tuladha, ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani. Sistem among tersebut harus dikenalkan dan diterapkan dalam pendidikan dengan tujuan dalam sanubari pendidik dan peserta didik tertanam dan paham akan sistem among Ki Hajar Dewantara. Merode penulisan ini merupakan hasil pemikiran dan ide penulis yang diambil dari beberapa tokoh filosof dan kemudian  dikembangkan sendiri dengan sumber yang mendukung.



Full Text: PDF