Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
PENGARUH METODE PQRST (PREVIEW QUESTION READ SUMMARIZE TEST) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD NEGERI PEDALANGAN 03 SEMARANG
Rosalina Tri Septi Wulandari, Mei Fita Asri Untari, Ferina Agustini

Last modified: 2017-07-21

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh metode PQRST (Preview, Question, Read, Summarize, Test) terhadap kemampuan membaca pemahaman dan 2) mengetahui besarnya presentase pengaruh metode PQRST terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa Kelas IV SD Negeri Pedalangan 03 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain One Group-Pre Test Post Test Design. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes dan dokumentasi. Metode PQRST berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman sebesar 60%. rata-rata klasikal saat Pre Test adalah 55 kemudian mengalami kenaikan setelah diberikan perlakuan menggunakan metode PQRST sehingga rata- rata klasikal Post Test menjadi 80.


Full Text: PDF