Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
PENGEMBANGAN PERMAINAN ULAR TANGGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 CIDORA KABUPATEN BANYUMAS
Nanang Cakra Wijaya, Suyitno Suyitno, Diana Endah Handayani

Last modified: 2017-07-21

Abstract


Penelitian ini bertujauan untuk mengetahui pengembangan permainan ular tangga sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar operasi hitung siswa kelas IV SD Negeri 01 Cidora Kabupaten Banyumas dengan menggunakan model ADDIE, penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (R&D). Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh hasil yang cukup memuaskan. Hal ini dapat dilihat dari grafik perbandinag pre test dan post test yang menunjukan presentae 87,14 menjadi 92,85 %. Saran yang dapat peneliti sampaikan dalam penelitian ini adalah, model pembelajaran ADDIE dapat meningkatan hasil belajar Matematika materi operasi hitung siswa. Oleh karna itu guru perlu menerapkan permainan ular tangga dengan baik agar siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti proses kegiatan belajar mengajar.


Full Text: PDF