Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
KEEFEKTIFAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTU LKS TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PECAHAN SEDERHANA SISWA KELAS III SDN BINTORO 1 DEMAK
Nining Rianawati

Last modified: 2017-07-21

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pendekatan kontekstual berbantu LKS terhadap hasil belajar materi pecahan sederhana siswa kelas III SDN Bintoro 1 Demak. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IIIa dan siswa kelas IIIb SDN Bintoro 1 Demak.Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IIIa yang berjumlah 26 siswa dan kelas IIIb yang berjumlah 28 siswa dengan menggunakan sampel jenuh.Desain  penelitian eksperimen menggunakan True Desain Experimental yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design.Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan signifikan antara pendekatan kontekstual berbantu LKS terhadap hasil belajar materi pecahan sederhana siswa kelas III SDN Bintoro 1 Demak.Hal tersebut ditunjukkan dari uji t-testdimanathitung> ttabel yaitu 2,849 > 2,000 dengan dk n1+n2–1= 54–2= 52 dan . Maka pendekatan kontekstual berbantu LKS efektif terhadap hasil belajar materi pecahan sederhana siswa kelas III SDN Bintoro 1 Demak.


Full Text: PDF