Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
PERAN GAME EDUCATION MELALUI MATA PELAJARAN IPA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KELAS V SD NEGERI SRONDOL KULON 02 TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Ulfa Dewi Afrianti

Last modified: 2017-07-21

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara motivasi dan hasil belajar IPA kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan game education dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Srondol Kulon 02 Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian true experimental designs. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Data dianalisis menggunakan uji-t sampel dengan separatted varians. Rata-rata motivasi kelas eksperimen sebesar 75,25 dan kelas control 68,05. Rata-rata hasil belajar IPA kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan game education lebih besar dari kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (87,90 > 64,50). Dari hasil analisis data diperoleh t hitung 3,904. Sedangkan selisih t tabel dengan db 78 pada taraf signifikansi 5% adalah 1,673. Hal ini berarti t hitung lebih besar dari ttabel (3,904 > 1,673). Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi dan hasil belajar IPA kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan game education dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa geme education efektif dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Srondol Kulon 02 Tahun Ajaran 2015/2016.

Full Text: PDF