Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
PENANAMAN NILAI KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI KEGIATAN EKSTRAKULIKULER SENI TARI SDN NEGERI BATURSARI 5 MRANGGEN
Jumiatun Jumiatun

Last modified: 2017-07-21

Abstract


Latar belakang penelitian adalah melalui kegiatan ekstrakulikuler diharapkan dapat mengembangkan kemampuan dan rasa tanggung jawab, potensi serta prestasi yang dimiliki siswa. Hal itu diharapkan supaya penanaman nilai karakter melalui kegiatan ekstrakulikuler seni tari secara mendalam sehingga benar – benar akan membentuk kepribadian perserta didik sesuai nilai karakter yang ditanamkan.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah di SD Negeri Batursari 5 Mranggen. Sumber data penelitian menggunakan informan dan dokumentasi. Prosedur Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan cara pengujian kredibilitas data hasil kualitatif dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, menggunakan bahan referensi. Teknik analisis data menggunakan tiga komponen utama yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tiga tahap kegiatan yang dilakukan adalah pra – lapangan, tahap kegiatan lapangan, dan tahap analisa data.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah anak yang mempunyai karakter dan prestasi yang baik ternyata bisa didapat dari kegiatan di luar jam sekolah yaitu kegiatan ekstrakulikuler karena kegiatan ekstrakulikuler suda ada nilai karakter yang tertanam. Saran yang dapat disampaikan adalah memberikan pengumuman kepada siswa supaya mengikuti kegiatan ekstrakulikuler seni tari agar bisa mempunyai prestasi dan nilai karakter displin, jujur, religius, toleransi, kerja keras, mandiri, bertanggung jawab, cinta damai, peduli lingkungan,bersahabat.


Full Text: PDF