Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL RME BERBANTU MEDIA PIZZA PECAHAN TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Arina Zulfa Fitriyani

Last modified: 2017-07-21

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan dan hasil belajar matematika siswa. Hal tersebut disebabkan kurangnya pembelajaran yang efektif dalam mengoptimalkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model Realistic Mathematic Education (RME) berbantu media pizza pecahan pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan kelas IV SD Negeri 1 Donosari Kendal dilihat pada ketuntasan belajar, keaktifan dan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre Experimental Design dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Donosari Kendal. Sampel yang diambil adalah 27 siswa kelas IV dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, dokumentasi dan observasi. Hasil analisis observasi siswa menunjukkan bahwa presentase ketuntasan belajar klasikal posttest (77,78%) lebih presentase ketuntasan belajar klasikal pretest (40,74%), serta berdasarkan hasil uji t hasil belajar diketahui thitung lebih dari ttabel(3,43>1,624) dan berdasarkan hasil uji t keaktifan diketahui thitung lebih dari ttabel(3,47844>1,624). Kesimpulannya bahwa model Model Realistic Mathematic Education (RME) berbantu media pizza pecahan efektif terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa.


Full Text: PDF