Last modified: 2017-07-21
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia sehingga menyebabkan kurangnya interaksi antara guru dengan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui antara motivasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri Palebon 03 Semarang.
Berdasarkan hasil penelitian hasil analisis angket dapat diketahui bahwa motivasi belajar siswa kelas V: kategori sangat rendah 3 siswa (15%), rendah 4 siswa (20%), cukup 5 siswa (25%), tinggi 6 siswa (30%) dan sangat tinggi 2 siswa (10%). Jadi dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa kelas V dalam kategori tinggi yaitu sebesar 30%. Pada hasil analisis angket prestasi belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa: kategori sangat rendah 4 siswa (20%), rendah 3 siswa (15%), cukup 6 siswa (30%), tinggi 4 siswa (20%) dan sangat tinggi 3 siswa (15%). Jadi dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V dalam kategori cukup yaitu sebesar 30%. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi diperoleh rhitung sebesar 0,553, maka rhitung > rtabel atau (0,553) > (0,444). Karena rhitung lebih besar dari nilai rtabel, kesimpulannya bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara korelasi terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri Palebon 03 Semarang.